Menggunakan Hand Sanitizer Sebelum Makan, Apakah Aman?
18 June 2021 - by content writter

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, atau biasa dikenal sebagai Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika, kita dianjurkan agar selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air sesering mungkin untuk mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit yang dihasilkan dari kuman dan bakteri yang menempel pada tangan. Namun jika sabun dan air tidak tersedia di tempat Anda, alangkah baiknya jika Anda membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol minimal sebanyak 60%.

 

Menurut data yang dihasilkan dari penelitian, hand sanitizer berbasis alkohol efektif membunuh sebanyak 99,9% persen kuman dan bakteri di tangan Anda dalam kurun waktu yang cepat. Sama halnya seperti saat mencuci tangan dengan sabun, hand sanitizer dapat bekerja membasmi kuman dan bakteri sekitar 20 detik setelah diaplikasikan pada tangan.

 

Jika Anda rutin menggunakan hand sanitizer, Anda tidak perlu menggunakannya secara konsisten di tangan setiap beberapa menit atau jam sekali. Alih-alih melakukan hal tersebut, Anda cukup mengaplikasikannya lagi hanya saat melakukan kontak langsung dengan orang lain seperti bersalaman atau jika menyentuh benda di tempat umum.

 

Cara menggunakan hand sanitizer yang baik dan benar adalah dengan menggosokkannya ke seluruh permukaan tangan paling tidak selama 20 detik sampai benar-benar mengering. Selain itu, sama seperti saat mencuci tangan, jangan lupa untuk mengaplikasikannya pada sela-sela jari Anda agar kuman dan bakteri dapat hilang secara maksimal.

 

Lantas pertanyaan yang biasanya paling sering membuat orang khawatir adalah, apakah aman untuk menggunakan hand sanitizer sebelum makan? Jawabannya, tentu saja sangat aman.

 

Hand sanitizer food grade

 

Menurut Food and Drug Administration, atau Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika, penggunaan hand sanitizer food grade aman untuk digunakan sebelum makan. Biasanya hand sanitizer jenis ini menggunakan kandungan etanol atau biasa disebut etil alkohol. Etanol merupakan jenis alkohol yang biasanya cepat menguap setelah mengering, sehingga saat diaplikasikan ke tangan tidak akan meninggalkan residu yang berbahaya.

 

Hand sanitizer non food grade

 

Nah, berbeda dengan hand sanitizer yang menggunakan kandungan metanol atau metil alkohol. Alkohol jenis ini merupakan zat bersifat toksik yang dapat memberikan efek fatal jika terserap kulit atau termakan. Karena itu, sebelum membeli hand sanitizer selalu pastikan terlebih dahulu kandungan alkohol apa yang digunakan sebagai bahan dasarnya.

 

Kendati hand sanitizer berbasis food grade aman digunakan sebelum makan, namun jangan pernah meminumnya dalam jumlah banyak karena dapat menyebabkan keracunan. Kasus seperti ini biasanya sering terjadi pada anak kecil yang merasa penasaran. Karena itu, edukasikan anak Anda bagaimana cara menggunakan hand sanitizer yang baik dan benar, dan selalu pastikan agar botolnya jauh dari jangkauan mereka saat sedang di luar pengawasan Anda.

 

Nah, karena sekarang Anda sudah tahu bahwa hand sanitizer bisa digunakan untuk membersihkan tangan sebelum makan, jadi tidak perlu merasa khawatir lagi ya. Selalu pastikan tangan Anda dan keluarga bersih secara maksimal agar terhindar dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya.

OTHER NEWS
PT Rahmat Eka Yaksa
Sitemap
Newsletter
© 2022 Arome Sanitizer. All Rights Reserved